Jumat, 06 April 2012

Penyuluhan Pertanian


Penyuluhan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumberdaya lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan, dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.
Dalam rangka menjalankan penyuluahan secara terkontrol diperlukan perencanaan yang akurat sesuai dengan kondisi di masyarakat dan harapan setiap pelaku utama dan pelaku usaha.  Untuk itu, penting kiranya disusun programa penyuluhan yang bagus dan pelaksanaan yang tertib serta evaluasi yang akurat untuk memperoleh informasi yang siap digunakan dalam perbaikan kegiatan selanjutnya.
Programa penyuluhan pertanian disusun dengan memperhatikan keterpaduan, kesinergian progama penyuluh pertanian pada semua tingkatan serta dengan tetap memperhatikan siklus anggaran mencakup pengorganisasian dan pengelolaan sumberdaya sebagai dasar pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian. Sebagai suatu proses perencanaan, programa penyuluhan pertanian harus terukur, realitas, bermanfaat dan dapat dilaksanakan serta dilakukan secara partisipatif, terpadu, transparan, demokratis dan bertanggungjawab. Dalam aplikasinya programa penyuluhan pertanian di tingkat unit kerja lapangan disusun bersama petani, pelaku usaha yang difasilitasi oleh penyuluh pertanian.
Tujuan penyusunan programa adalah dalam rangka mensukseskan programa pembangunan pertanian dalam arti luas, melalui usaha pemberdayaan sumberdaya manusia, peningkatan produksi pertanian dan kesejahteraan petani, nelayan beserta keluarganya. Berdasarkan hal tersebut maka dalam melakukan kegiatan penyuluhan pertanian harus dilakukan dengan partisipatif. Sehingga perlu adanya penggalian data yang dilakukan langsung di lapangan, biasanya berupa data primer maupun data sekunder. Data itu mencakup keadaan masyarakat dan lingkungan tempat masyarakat tinggal. Antara lain mengenai data agroklimat wilayah, batas – batas wilayah, kependudukan, kelembagaan, tata guna lahan, jenis usaha masyarakat fasilitas sarana dan prasarana, program – program pembangunan, teknologi, tren komoditi yang diusahakan, tren harga komoditi dan sebagainya.
Penyuluh pertanian adalah aparat yanng membangun pertanian, pendidik / penasehat yang mengabdikan dirinya untuk kepentingan para petani, pekebun, peternak dan nelayan beserta keluarganya. Pekerjaan seorang penyuluh pertanian lapangan tidak terbatas pada mengembankan kemampuan pengetahuan, sikap dan ketrampilan tetapi juga untuk memotivasi, membimbing dan mendorong para petani pekebun, peternak dan nelayan mengembangkan swadaya dan kemandiriannya dalam berusaha tani yang lebih menguntungkan menuju hidup yang lebih bahagia dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar